64 Tahun Indonesia Merdeka (versi gue)

gak kerasa udah 64 tahun aja Indonesia merdeka, dari jaman dijajah portugis,spanyol,belanda,i
nggris, sampe jepang. dari semua perjuangan itu lahirlah deklarasi proklamasi tanggal 17 agustus 1945, tapi gue sendiri kalo ditanya,gak tau hari apa indonesia merdeka, mungkin hari senen, soalnya kita upacara tiap senen,itu sih menurut gue.hehe

makin gue besar makin banyak hal-hal yang gue liat, yang gue tahu, yang gue pelajari. Semua mulai membuka mata gue, betapa kayanya Indonesia. Dengan segala kekayaan budaya, kekayaan kepulauan, bahkan kekayaan mineral.Semua yang ada di negara lain bisa dibilang ada di negara kita. SANGAT KAYA, tapi kita belom bisa mengolahnya secara tepat guna. miris memang

Dalam semester pendek ini, gue belajar mengenai pemerintahan dan badan2 yang ada di dalam negara Indonesia. dosen gue, banyak cerita mengenai hal-hal tersebut, mengenai apa itu budget (anggaran), apa itu kantor auditor, dan lain lain.Dan tercenganglah gue sama semua yang ada di Indonesia, gue mulai lagi mencintai negara gue ini, dari yang tadinya gue merupakan salah satu kaum apatis yang gak peduli tentang negara ini.

Ada banyak alasan yang membuat gue seperti itu, merasa jenuh dengan negara ini yang banyak sekali masalahnya, mulai dari masalah ekonomi sampai moral. gue merasa sia-sia, karena gak banyak perbaikan dari waktu ke waktu. Sarana umum macet, utang dimana-mana, korupsi, teroris, kemiskinan, jobless, rumah kumuh, dll. semua seakan gak abis2 buat Indonesia tercinta ini.

Tapi, sejak gue belajar AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK gue merasa hidup lagi, gue merasa jadi mahasiswa yang harus memperjuangkan semua kekayaan Indonesia yang mulai 'dijajah' lagi sama orang asing. Tapi gue gak setuju dengan tindakan para teroris-teroris itu. Apalagi bosnya orang malaysia,zzz. apa coba ngebom-ngebom??pinter kok bego,,emang kalo kepinteran ya jadi bego kayak para manusia jahat itu, emang enak dibenci banyak orang?!

Gue mulai sadar, gue adalah pewaris dari semua masalah dan kekayaan Indonesia ini.Dan gimana caranya supaya gue bisa punya arti buat indonesia? Bukan dengan cukup menghafal sila-sila pancasila kan?

Yang gue bingung dari RAKYAT INDONESIA itu sendiri adalah mereka semua pinter, bahkan bisa lebih pinter dari orang jepang, tapi karena kebiasaan liat aja nanti, males-malesan, dll hancurlah kita.
sekedar ingin share :
gue yakin, para pengemudi kendaraan bermotor mau mobil mau motor, punya uang, punya kewajiban, punya hak yang sangat tinggi.Mereka punya uang buat beli mobilnya, buat beli motornya, buat nyogok bikin sim, buat beli helmnya, buat beli bensin, tapi kenapa mereka gak punya adat atau gak punya pikiran buat ikutin dan taat sama aturan yang ada? Padahal gue yakin banyak diantara mereka yang berpendidikan tinggi dan bahkan kaum socialite. Apa iya aturan yang kurang ketat? Apa iya karena ada pihak yang bisa disogok? Trus kenapa kita gak mulai dari diri sendiri untuk mendisiplinkan diri??Kalo semua orang di Indonesia berpikir, ATURAN ITU DIBUAT UNTUK DITAATI DAN BUKAN UNTUK DILANGGAR, berapa banyak ketertiban yang akan didapat?

Hmm tapi kalo emang udah kebiasaan, ya susah sih, kayak lo mengubah kebiasaan mandi malem lo, kayak lo mengubah kebiasaan bangun siang lo, kayak lo ngubah kebiasaan mainn internet lo..semua susah diubah, tapi bukan berarti gak bisa.NIAT!!kunci dari semua, bahkan diri gue sendiri sering kali masih berpikir untuk menggampangkan.

Siapa yang salah sebenernya?Nobody's know right??sebenernya masalahnya dateng dari masing2 tiap individu, kalo semua bisa berpikir untuk lebih baik, bukan untuk dirinya sendiri, tapi juga buat lingkungannya, gue yakin Indonesia bisa lebih canggih dari singapur, bisa lebih dari jepang, atau bahkan amerika.

Gue gak membenci AMERIKA tapi gue juga gak mencintai USA. Tpi gue lebih melihat kemajuan yang mereka bisa raih, dan tau kenapa mereka lebih maju
kapan kemerdekaan amerika dan kapan kemerdekaan indonesia? beda 200 tahunan kan?wajar aja kalo kita masih kalah
padahal gue kalo inget sejarah , gue bangga banget sama PELITA< you know what? Itu sesuai dengan asas manajerial yang gue dapetin dari kuliah gue, PELITA toh berhasil, sampe pada taraf SWADAYA pangan, taraf indonesia bisa merakit mobil dan kapal terbang, pendidikan indonesia diakui bahkan banyak mahasiswa WNA yang khusus dateng ke Indonesia buat belajar. Tapi sekarang?
keadaan berbalik, kita yang belajar disana, dan ketika kita udah dapet ilmunya, kita gak make ilmu itu buat majuin Indonesia, tapi buat negara lain tambah maju dengan kepintaran kita. mungkin banyak yang menganggap gaji tinggi dari pihak asing sangat menggiurkan.tapi harga jasa kita TKI cuman 1: 10 sama orang WNA disna..canggih?pernah gak ngebayangin semua itu?

Klo aja semua orang yang kuliah diluar negeri, pulang lagi ke indonesia? kita gak butuh tenaga ahli yang harganya mahal banget dari negara asing itu kan?Trus semua orang yang mau dan bisa membangun lapangan kerja, semua nyediain?wooow bakalan canggih indonesia kan

Yah emang apa gunanya gue berkoar dalam notes kalo gue gak lakuin apa2,, tapi gue bertekat, kalo gue harus kuliah yang bener, trus kalo bisa jadi orang pemerintahan, trus gue bangun dari pilar terkecil suatu organisasi.Gimana dengan kalian?apa rencana kalian buat indonesia?

Komentar

Postingan Populer