Kuliah Virtual cihuuy haha


Hei Hei Hei ,, udah lama gue tidak menulis blog yang tidak terawat ini,,haha kasian sekali blog ini.
Gue jadi pengen nulis lagi,setelah gue membaca blog punya anak Binus namanya Benazio, IT binus.
Gue tau dia dari temen kosan gue , namanya Xeldenna.Blognya denna di 'blogwalkingin' sama si Bena-bena ini.haha.Sumpe yaa tulisannya kocak2 gitu...:)

Berawal hari ini, gue kuliah Praktikum Intermediate yang jadi ribet gara2 TAnya cowonya sih Priska.Cepeeeeeeeeet banget dah neranginnya, gue ketinggalan gitu, yaudah gue nyontek aja deh haha.cara mudah dan praktis. ckck.
Lalu masuklah gue di matakuliah Perilaku Organisasi yang selalu memberi gue pencerahan haha.

Kali ini pembahasannya tentang Struktur organisasi gitu. Sebenernya secara garis besar, kuliah kali ini menceritakan tentang hierarki organisasi dari yang sederhana sampe yang kompleks.
Ada beberapa design organisasi yang lazim digunakan, yaitu :
1.struktur sederhana
2.birokrasi
3.struktur matriks


Ketiga struktur tersebut diatas, merupakan tipe desain organisasi yang 'mekanistik' yang hierarkinya bener-bener tegas dan garis koordinasi dari atasan sampe bawahan jelas dan terkontrol banget.

Tapi, ada juga tiga desain struktur kontemporer yang sekarang-sekarang ini banyak digunakan, yaitu
1.struktur Tim
2.Organisasi Virtual
3.Organisasi tanpa tapal-batas


ketiga desain ini, merupakan desain organisasi yang organik.yang mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi 'lebih manusia' haha.karena hierarki dan garis koordinasinya seakan-akan menyemu gitu.

Bahasan lain hari ini, adalah tentang strategy and structure.
Ada tiga strategi dan struktur yang biasa dipake
1.Innovation strategy 2.cost- minimization strategy 3.immitation strategy

Dari ketiga strategy diatas, gue paling tertarik dengan Immitation Strategy.Soalnya kayaknya YOI banget.Emang sih,immitation strategy itu 'menjiplak karya orang' (innovation strategy), menjiplak produk barang/ jasa yang dibuat oleh market leader yang biasanya menggunakan innovation strategy.

Tapi, hebatnya si strategy immitation ini adalah, jiplakan yang dia buat bahkan punya kelebihan dibandingkan dengan si produk dari market leader itu. Contohnya, harga-nya, kemampuannya, dll. Kok bisa yaa??jago banget gak sih pemikirannya???
Immitation strategy ini biasa dipakai oleh perusahaan-perusahaan dengan kreatifitas yang tinggi, dengan biaya (cost) yang ditekan banget.Jadinya produknya bisa lebih murah. Bahkan, produk yang dihasilkan, seringkali menjadi market leader menggantikan produk 'dari market leader sebelumnya'
Gue sih dikasih contoh sama si dosen tentang 1 perusahaan di Indonesia yang menggunakan strategy ini, tapi gue gak enak ngomongnya hahaha.
Dosen gue bilang " Penjiplak yang kalah adalah penjiplak yang hanya 'menjiplak' tanpa mengembangkan produk/ barang jiplakanya agar lebih kreatif. Namun, Penjiplak yang menang, adalah penjiplak yang 'menjiplak' dengan tambah kelebihan dari pada produk awal yang dijiplak tersebut dan bisa mengalahkan posisi barang awal yang dijiplak."
haha bisaa bisaa..berarti gak ada salahnya dong ngejiplak??kan ada teorinya??hahhaha


Komentar

Postingan Populer