ingin terus kembali liburan part 1.

pagi subuh ini, gue teringat sama liburan gue. Tanggal 27 Januari 2010 kemaren, gue liburan ke EROPA !HEY that's EUROPE not just ASIA or BALI ! gue liburan selama 10 hari, ketiga negara eropa.
ITALY, FRANCE, and United Kingdom. Itu adalah liburan TERDASYAT yang gue rasain.
Berawal dari keberangkatan gue ke Bandara Soekarno Hatta Indonesia. SANGAT EXCITED walopun gue waktu itu stres mikirin GUE TIDAK AKAN BERTEMU PACAR GUE SELAMA 2 MINGGU. dan untuk sms ajaa MAHAL GILEEE .
Dimulai pada keberangkatan gue dari Jakarta ke Kuala Lumpur. Penerbangan memakan waktu selama 2 jam. Gue lupa, tepatnya gue berangkat jam berapa dari Jakarta. Kayaknya jam 8.30 pagi.
Sampe di Kuala Lumpur, gue transit selama kurang lebih 5 jam. dan gue berangkat ke LONDON pada pukul 16.00 waktu malaysia.atau GMT+8 .
Penerbangan dari Kuala Lumpur ke London memakan waktu sekitar 13 jam!dan itu adalah perjalanan DUDUK dipesawat TERLAMA yang pernah gue rasakan (karena gue belom pernah ke AMERIKA) serius itu capek sekali rasanya ckckc. 13 tanpa ada sinyal handphone dan sms2 dari pacar gue huhuhu.Itu sangat berat.Untungnya, di Pesawat ada tivinya, jadi bisa nonton film.
Sampai di London , pukul 10 pm GMT. dan sangatlah DINGIN SAUDARA-SAUDARA disana. entah berapa suhu di luar ruangan. Tapi di dalem Airport aja gue udah memakan mantel , jaket, kaos kaki, dan semua perlengkapan perang MUSIM DINGIN lainnya.
Cukup lama Transit gue di London, selama kurang lebih 8 jam.Karena pesawat menuju ke ROMA akan berangkat pk 6 pagi hari waktu LONDON. dan gue ber3 sama BONYOK gue menghabiskan waktu di tempat duduk tunggu dan ngopi di kedai kopi (bayangkan, gue gak pernah betah duduk nangkring di kedai kopi, dan disana kerjaan gue nangkring minum coklat panas)
Dan berangkatlah gue menuju ROMA.Perjalanan ditempuh selama 1,5 jam dan gue sampai Roma jam 9 am waktu GMT + 1. DIMULAILAH petualangan gue disana bersama dengan bonyok gue.
Pertama, gue harus naik bus dari airport(lupa gue namanya) ke pusat kota roma. dan menuju ke ROMA CENTRE .TERMINI. Termini adalah satu tempat Central dari semua transportasi di ROMA. di Termini terdapat 2 jalur METRO. Kereta . Bus. dan macam2 alat transportasi darat. (tidak ada becak, bajaj, delman, ojek, seperti di indonesia.INGET)
Di Termini, gue bertiga makan PIZZA ala ITALIA. ENAAAAAAAK disana tidak ada SAOS SAMBAL, hanya ada SAOS TOMAT.Kalo mau pedes dikasi TABASCO. Setelah makan, gue dan bonyok gue menggedelek koper kami ke hotel, SEMUA ORANG MENGGELEDEK KOPER SAMPAI HOTEL ATAU TEMPAT PENGINAPAN. Jarang ada yang naik Taksi, MAHAAAAAAAL soalnya. Jarak hotel kami sekitar 700 meter dari TERMINI.dan kami tempuh dengan berjalan kaki looooh.sehaaaat.dan capek.
Dan 10 menit kemudian, ditambah rada nyasar, tapi gak nyasar, sampailah gue di depan gerbang hotel MONTECARLO. Hotel dengan aksen bangunan tua yang eksotis. Hotel bintang kejora, karena hanya bintang 2. Tapi mahalnya sama kayak kalian menginap di hotel bintang 4.
Kami menginap selama 3 hari 2 malam disana. UNTUUUNG SEKALI ADA FASILITAS WIFI. bersyukur bisa pacaran ahahhaha.
Hari pertama di ROMA gak disia-siakan. Kami langsung menuju ke Vatikan. Dan bagaimana cara untuk menuju Vatikan pada hari pertama ini??? BALIK KE TERMINI dan mengambil METRO A dengan tujuan MUSEE DE VATICANI. Sebelumnya, gue sempet debat sama Bokap, soalnya si babe bingung gimana beli tiketnya, padahal gue udah bilang UANGNYA DIMASUKIN KE MESIN.tapi gak bisa . SOALNYA PECAHAN YANG DIPAKE ITU 1 euro, 2 euro, 5 euro, 10 euro. sedangkan duit pecahan kita 20 euro, Maka si BABE menuju loket di Termini. dan membeli 3 tiket METRO. Jangan kaget kalo orang2 disana kasar2. emang gitu adatnya.) OIYA jangan menganggap Termini itu kayak Gambir, karena TERMINI ITU BESAAAAAAR. ada toko2nya. ada banyak rute. ada mcd ada banyak deh pokoknya macem2 ada disana.
Sampai di stasiun Musee de vaticani, gue muter-muter nyari jalan masuk ke dalem museum, JAUUUH DAN MUTEEER weleeh naik tangga tinggi, terus akhirnya berjalan disepanjang trotoar sampai ada gerbang bertuliskan MUSEE DE VATICANI. MUSEUMNYA SANGAAAAAAAT besar dan PANJAAANG. Ratusan bahkan Ribuan gambar terpampang disana.BUKAN di canvass saudara2.tapi di langit2. di canvas besar segede2 tembok. wuiih cantik dan eksotis amat sangat. canggihlah pokoknya. di dalam museum, kita bakal menemukan kapel2 yang indah. ada taman vatikan juga loh didalem museumnya.
Sehabis berkeliling dimuseum itu, kami ingin menuju BASILIKA ST. PETRUS. dan untuk kesana, KAMI HARUS MENGELILINGI TEMBOK BESAR DAN PANJANG DAN JAUUUUUH. huhuhu. Dan kita masuk di gerbangnya, Kami langsung disuguhi batu2 pilar besar yang usianya lebih tua dari mama saya, pastinya. dan disanalah letaknya GEREJA AGUNG ST PETRUS. dan akhirnya GUE MELIHATNYA dan FOTO2 disana.
Masuk ke dalam gereja. JANGAN BAYANGKAN HANYA SEPERTI KATEDRAL di Indonesia. SANGAT BERBEDA dan SANGAT AMAT CANTIK MENAWAN HATI. Puluhan Patung, Gambar, sketsa, kapel dalam gereja, makam para paus, semua ada disana. BESAR dan CANTIK, gue terkagum2. dan akhirnya berdoa , supaya bisa kembali kesana.
Keluar dari basilika, hujan rintik-rintik. Dan akhirnya kita bertiga memutuskan buat membeli payung, sekaligus oleh-oleh dari Vatikan. Karena, satuan mata uang disana euro, 1 euro = 13000 idr. maka semua barang cenderung rada mahal kalo di kurskan ke rupiah. Nah gue disana kalo mau belanja sih, jangan mengkurskan ke rupiah. Yaudah anggep aja 1 euro itu murah. hahaha. Dan emang jarang ada barang yang dibawah 1 euro.
Setelah membeli oleh-oleh, kami pulang ke hotel. SUDAH LELAH. Waktu itu pukul 5 sore waktu gmt+1 udah tengah malem di jakarta. Dan kita masi kebawa Jetlag Indonesia.
Esok pagi waktu indonesia, gue terbangun (kira-kira jam 2 dini hari waktu sana) gue langsung OL dooongs nyariin pacar gue yang gue tinggal di Indonesia. Itulah kerjaan gue dihotel. Online lewat Wifi. Sampe tiap gue dateng ke hotel disemua negara yang gue datengin, yang pertama gue tanya "is it the wifi free?" dan gue langsung meminta PINnya gileeeeeee. Makanya gue cinta banget sama handphone gue dah NOKIA E71. Belom tentu BB cowo gue bisa digunain wifinya sampe ke Eropa wkwkwk.Pagi harinya, gue udah excited pengen jalan-jalan.Hari itu, hari kedua. Rute yang akan kami ambil adalah KELILING KOTA ROMA!
Ceritanya, selesai breakfast di hotel, kami bertiga cabut ke arah Colloseum.Naik Metro B menuju ke arah Colloseo. Di sana , sayangnya sepatu gue jebol deh. Makanya belom jadi sempet ke FORUM ROMANA, kami bertiga udah balik lagi ke TERMINI buat beli Sepatu. Dan guess what????? Gue beli sepatu boots!gile selama hidup gue pengen pake sepatu boots kesampean juga haha.
Setelah gue mendapatkan sepatu boots baru itu, kami bertiga menuju ke spanish step. Gue lupa namanya apa yaaa, pokoknya kata babe gue, itu adalah sebuah tempat, dimana banyak turis berkumpul untuk tour. soalnya banyak free tour disana. Di spanish step ini, yang diliat ya gereja-gereja juga laah namanya juga romaaa.
Dari sparta, kami jalan menuju ke Fontana de Trevi. dengan berjalan kaki, menelusur kota ROMA. Adem sejuk enak buat jalan, beda banget dari JAKARTA.Di trevi fountain, gue nebar duit koin dan berharap bisa kesana lagi eheheh.Abis dari air mancur dengan banyak patung ditengahnya itu, kami melanjutkan perjalanan, gue lupa nama gerejanya apa. Tapi bentuknya bulet dan pake penerangan dari matahari. Panteon kalo gak salah. Lanjut lagi, ke Istana apa gitu, terus ke Caste de angelo, dan balik-baliknya sampe lagi dong ke VATIKAN. hadoooh jauh ituuuu jaraknya capek lelah letih.
Makanya, pas jalan dari Panteon mau ke Caste de angelo, kita bertiga beli PIZZA ala ITALIA yang enak itu. SUer ya enak tuh Pizza beda banget dari yang di INdonesia.
Sepanjang hari itu, gue dan bonyok gue berjalan kaki, ngebuat kaki pegel.Makanya kita mutusin buat balik ke hotel.Tapi sebelomnya, kami belanja parfum(LEBIH TEPATNYA-SAYA YANG BELANJA ).Sampe-sampe ngabisin uang 21 euro cuman buat beli kalung deh.zzzzzzz.
Besok paginya sebelom ke AIrport buat ke Paris, kita mau menelusur Forum Romana yang belom terjaman itu. Seperti biasa, gue selalu Online dini hari waktu sana,nyariin cowo gue. Terus tidur lagi,bangun lagi jam 12 siang waktu indonesia buat siap-siap pergi ke Paris.
Forum Romana itu kompleksnya berada di dekat Colloseo. Situs-situs sisa peradaban Roma kuno, bekas-bekas kota tua Roma. Banyak gedung-gedung kuno tersebut yang masih digunakan sebagai gereja.
Setelah capek disana, kami bertiga balik ke hotel, check out, menuju termini dengan menggledek koper. Naik bus ke Airport. Dan terbangnglah kami ke PARIS.(bersambung)

Blogged with the Flock Browser

Komentar

Postingan Populer