pembuktian teori audio dan visual (by: gue)

Kemaren Senin 8 Maret 2010,gue baru saja mengalami pembuktian teori psikologi yang sering diomongin sama para pakar psikologi. Yaitu "Audio dan Visual membantu otak memahami dan mengingat sesuatu hal lebih mudah, dan berefek pada ingatan jangka panjang manusia."
Sore itu,gue lagi mengikuti kuliah praktikum DBMS di Labkom AKuntansi , Fe Unpad, Bandung.Dan tiba-tiba,gue mendengar bunyi nada dering handphone(entah punya siapa).Nada dering itu terdengar sangat familiar buat gue.Dan entah karena efek apa, otak gue mencoba mencari ingatan tentang lagu itu.
Setelah beberapa saat si otak gue ini bekerja keras mengingat-ingat, dapatlah suatu memori.Awalnya kabur, tapi lama-lama jadi semakin jelas.
Pertama-tama, gue dapet gambaran : lagu itu adalah nada yang ada di suatu film yang pernah gue tonton.
Kedua : Film ini adalah film misteri yang membuat gue takut dan ceritanya menegangkan.
Ketiga : Gue mengingat satu scene Film tersebut.
keempat : Gue mulai mengingat beberapa scenes yang menurut gue menyeramkan dan mendebarkan.
terakhir : Gue mencoba menguraikan cerita yang udah dirangkai dalam otak gue ke temen gue, dan akhirnya dia mengingat kalo judul film ini adalah "ONE MISSED CALL".
Lucunya, gue bahkan udah lupa kalo gue sempet menonton film ini.Kapan dan dimana gue juga lupa.Tapi sedikit nada dari film ini bisa membuat gue mengingat inti cerita dari film tersebut.
Gue lupa, gimana kerja otak itu.Tapi yang jelas, yang gue inget dari pelajaran Biologi di SMA, daya ingat otak tuh kebagi 3, ingatan jangka panjang (longterm memory), ingatan jangka pendek(shortterm memory),dan ingatan sementara.Dan, pengalaman gue di atas, menurut gue, adalah ingatan jangka panjang yang ada di otak gue.(anehnya kenapa yang gue inget malah film yaaa bukan pelajaran gituuu zzzz).
Sama aja kayak ketika kita dengerin lagu,musik, atau sejenisnya.Otak kita akan mencoba mengingat, moments apa yang pernah terjadi dan pernah ada saat lagu itu diputar sebelumnya.Atau bahkan, saat kita mendengar satu lagu, kita akan mengingat seseorang, atau perlakuan baik atau buruk kepada kita.
AJaib yaa yang Tuhan kasih ituuu...:)

Komentar

Postingan Populer