Bagan trip 16 may 2015

Hari ini gue ke Bagan! Yaps Bagan the famous ancient city, Bagan Unesco Heritage, and Bagan the famous archelogical site!!!

Bagan adalah sebuah kota yang terletak di sebelah nyaris barat Myanmar. Letaknya di Mandalay region, Upper Myanmar. Jarak antara Yangon dan Bagan sekitar 300 miles yang ditempuh langsung dari Yangon via highway ke arah Mandalay. Jadi sekitar 10 jam kita udah bisa menikmati Bagan.

Kali ini, gue bantuin si emak temen kantor gue yang suaminya kerja di travel agent Myanmar untuk sekaligus promosi. Namanya ko Sie Thu Kyaw, dia kerja diagen resmi si pemerintahan myanmar. Emailnya siethukyaw1314@gmail.com

Pagi itu gue berangkat dari Yangon jam 6 pagi naik mobil travelnya doi, toyota wish. Secara umum, mobilnya doi enak dan nyaman, plus sunscreen yang bisa menghalau panasnya Myanmar dimusim panas ini.

Si emak dan si ako ini lumayan fasih bahasa inggrisnya, jadi ga perlu bingung dan takut buat pake dia, walopun menurut gue dia sedikit agak pendiam sih, cuman so far so good.

Untuk tarif, perharinya sekitar 100 sampe 150 dolar, itu udh termasuk bayar supir dan akomodasi dalam satu hari.

Balik lagi ke Bagan trip gue ini, pagi itu jam 6 gue cabut dari Yangon menuju ke Bagan via highway. Karena kita barangkat masih pagi, jadi kita makan dulu di rest area dalam highway, disekitar  km 20 , disitu ada beberapa restoran yang menyediakan makanan khas myanmar. Lalu, lanjut lagi ke perjalanan, highway yg terpampang sepanjang 366 miles itu (kira-kira) punya beberapa titik exit. Nah untuk ke Bagan, kita exit di mile 285 pas banget sama rest area miles 285 di myeikyina (kyaknya gt si nulisnya) ✌️menuju ke Mount Popa

Sebelom ke Bagan, gue mampur dulu ke Mt popa, diatasnya ada pagoda gt. Dari bawah gunung, gue harus naik tangga sekitar 777 anak tangga T.T buat sampai dipuncaknya. Dan kembali lagi juga dengan 777 anak tangga itu. Oiya, disana banyak kera, jadi hati-hari bawa barang pribadinya.

Nah setelah dari mt popa, gue langsung ke Bagan horey !!!! Perjalanan dari mt popa ke Bagan adalah sekitar 30 miles gak begitu jauh, jadi cuman 1 jam-an gue udh nyampe di Bagan.

Sepanjang jalan, kanan kiri jalan itu, banyak banget pohon asem jawa dan pohon sagu. Bagus banget buat manjain mata hehe.

Nah, Bagan itu terbagi jadi 2 , old bagan dan new bagan. Rata-rata , hotel itu berada di New Bagan. Dan pergilah gue kesana buat check in, pas masuk ke daerah Bagan, mata kita langsung dimanjain sama pemandangan banyaknya kuil kuno yang betebaran dimana-mana dan menurut gue sih lumayan memanjakan mata.

Untuk penginapan, hari ini gue menginap di Hotel Flower Breeze, New Bagan. Harga per malam kalau kita booking di booking.com adalah 45 dolar untuk kamar superior. Dan untuk keseluruhan, worth it untuk nginep disini, karena exteriornya lumayan bisa bikin bagus selfie hehe.

Selain dari sisi akomodasi, hotel ini juga deket banget sama Loka Paya, dan ruin temple yang gue lupa namanya. Dari gerbang hotel pun udah keliatan templenya

Sekian cerita gue hari ini, see you tomorrow :)