Makanan Myanmar yang harus dicoba

Tulisan ini gue buat berdasarkan pengalaman 1 tahun gue jadi orang indonesia yang berjuang hidup di Myanmar *eya. 

Pada awalnya, gue pemilih banget untuk makan makanan lokal disini, karena dari bentuk dan cara buat yang agak ajaib , jadinya gue males makan. Selain itu, juga pengaruh omongan negatif temen gue yang bilang makanan disini jorok gitu, padahal sebenernya kalo lo tau, rasanya enak !! Yah walaupun bagi gue, hanya ada beberapa makanan yang ga aneh dan rasanya masih bisa diterima di lidah orang indonesia.

Urutan makanan yang harus dicoba adalah

Mohingga
Mohingga kalo gue deskripsikan, sebenernya mirip sama soto di indonesia sih modelnya, cuman Mohingga ini terbuat dari sari ikan (khususnya ikan lele) yang diolah untuk jadi kuah supnya. Isi mohingga adalah, bawah merah besar  yang dikupas dan direbus, bihun rebus, telur ayam , daun ketumbar, dan gorengan (akyaw). Enak banget dimakan saat makan pagi atau makan siang, apalagi kalau panas-panas, sedap!
Untuk restaurant dengan rasa paling enak menurut gue adalah di Lucky 7 ,8 miles disebelah hotel Yoma, di dekat kantor pusat Charoen Pokpand Myanmar.

Nan Gyi Thoke
Nan Gyi Thoke adalah makanan kedua kesukaan gue di Myanmar. Bentuknya kalo dideskripsikan kayak Spageti ala Myanmar gitu. Isinya mie besar , potongan daging ayam, dan kuah tomat. Enak bangettttttt...

Ohn no Khauk Swe
Ohn No Khauk Swe adalah coconut noodle, jadi mie dengan kuah santen. kayak apa ya kalo dideskripsiin , semacam mie dengan kuah seperti opor, tapi lebih kentel.

Samusa
Ini adalah makanan ringan, seperti gorengan di indonesia. Rasanya khas india banget, dengan garam masala dan kentang didalamnya, dibungkus sama kulit lumpia. Enak pooll

Kyay OH
Kyay Oh adalah mie/bihun kuah dengan pilihan daging ayam atau babi. Kyay oh ini seger banget rasanya, Kyay oh paling enak adalah di restoran Kyay OH

Shan Khauk Swe
Shan Khauk Swe sebenernya sering kita lihat di Indonesia , Shan Khauk Swe itu adalah sejenis Mie Ayam, Pengaruh Shan pada makanan biasanya bisa diterima dilidah org indonesia, karena rasanya yang mirip kayak masakan chinese. Restoran paling enak buat Shan Khauk Swe adalah di belakang Pasar Bogyoke Aung San, Aung Mingalar Shan Noodle. Direstoran ini, banyak banget turis yang datang , baik dari asia eropa atau USA.

Palata
Palata adalah roti india seperti chanai , palata ini dimakan dicocol pake gula atau bumbu kacang ala myanmar. Pilihan gue sih tetep palata dengan gula ya

Faluda
Faluda adalah minuman khas myanmar, walaupun sebenernya asalnya dari India. Faluda itu minuman yang terdiri dari jelly, sirup, puding telor putih, dikasih kuah santen. Paling enak itu adalah faluda Shwe Pu Zun di downtown.

Khauk Swe Thoke
Khauk Swe Thoke adalah mie salad, bedanya sama Nan Gyi Thoke, Khauk Swe Thoke ini mienya lebih kecil, terus sausnya lebih pedes gt.

Htamin Kyaw
Htamin Kyaw adalah nasi goreng, di indonesia juga ada pasti. Tapi rasa nasi goreng ini lebih ke rasa nasi goreng ala Chinese gt, dengan sayuan potong dan ayam, dan berwarna putih.


Komentar

Postingan Populer