film thriller : The Box

The box merupakan film dengan gender thriller yang diperankan oleh Cameron Diaz sebagai Norma, wanita berumur 35 tahun yang bekerja sebagai guru di Richmond dengan cacat dikakinya dan James Marsden sebagai Arthur yang merupakan suami Norma yang bekerja di NASA. 


Suatu ketika Kelurga Arthur dan Norma dikirimi paket yang entah dari siapa , yang kemudian isinya adalah "Tombol" . 
Pada hari itu juga, kesialan menimpa Norma dan Arthur. Norma dapat berita kalau dana bantuan sekolah dicabut dari sekolahnya dan Arthur juga mendapat kabar buruk penolakannya untuk menjadi astronot ke Mars.

Kebimbangan datang kepada Norma, karena keadaan ekonomi keluarga mereka yang sedang terpuruk ditambah dicabutnya bantuan biaya dari sekolah. 
Saat itu datanglah seorang pria tua bernama Steward yang tadi pagi mengirimkan paket kotak tersebut. Dia memberitahu kegunaan kotak itu dan hal tersebut tambah membuat Norma mengalami dilema.

Norma memberitahu kepada Arthur tentang kedatangan pria tersebut, dan memberitahu tentang kegunaan kotak itu bahwa ketika tombol pada kotak tersebut ditekan, si pria tua akan datang memberikan uang 1 juta dolar cash, tapi ketika itu juga sabagai gantinya akan ada nyawa yang melayang. Mereka hanya punya 1 hari untuk membuat keputusan.

Perdebatan antara Arthur dan Norma tentang tombol itu pun terjadi, Arthur berusaha menghalangi dan memberikan pengertian bahwa mereka tidak butuh uang tersebut, tetapi Norma memiliki pandangan lain. 
Singkat cerita, akhirnya mereka, lebih tepatnya Norma menekan tombol tersebut dan mereka mendapatkan 1 juta dolar dan tepat saat itu juga 1 nyawa orang yang tidak kita kenal akan melayang. Mengetahui hal itu, Arthur memaksa mau mengembalikan uang tersebut tetapi Stewart melenggang pergi karena keputusan sudah mereka buat.
Dan setelah tombol tersebut ditekan, banyak kejadian aneh yang menimpa mereka

Dari cerita diatas, sepertinya buat gue ada nilai-nilai yang bagus dan pesan moral yang terkandung dari film tersebut. 
Filmnya memang tidak mudah dimengerti, tetapi jika diikuti jalan ceritanya, kita bisa menemukan banyak nilai dan pesan moral disana.

Kenapa ?
Pertama, cerita Norma dan Arthur seperti cerita Adam dan Hawa. Hawa memutuskan untuk memakan buah terlarang di Eden dan kemudian akhirnya mereka memang tahu semua tetapi semua kenyamanan dan kemudahan tidak lagi bersama dengan mereka. 
Hal tersebut menurut gue menyiratkan bahwa, kita sebagai perempuan, harus hati-hati nantinya ketika menjadi penasihat buat suami kita. Harus bijaksana dan panjang akal sebagai perempuan dan pendamping, jangan sampai keputusan dan kemauan kita menjerumuskan keluarga dalam masalah yang lebih berat lagi.

Kedua, nilai moral mengenai mengorbankan orang lain untuk kepentingan dan kesenangan diri sendiri. Banyak terjadi dilingkungan hidup kita. Satu nyawa walaupun tidak kita kenal, adalah manusia, yang juga butuh hidup dengan segala keperluan pribadi mereka.
Seperti keegoisan kita misalnya, sebagai atasan atau orang dengan power yang kuat, jangan sampai haus harta dan haus  kekuasaan membuat kita mengorbankan orang lain dan membuat mereka tertindas , karena mungkin diawal kita senang , menang, dan puas. Tapi semua ada balasan setimpalnya, entah kapan dan pasti datang.
Teorinya sama seperti yang ditulis dalam buku "Kubik Leadership" 
Energi positif akan berbalik positif , Energi negatifpun akan berbalik negatif, dengan bentuk yang sama ataupun berubah dengan wujud lain.
Seperti quotes :"what you'd give what you'd get" 
Seperti hukum kekekalan energi, semua energi yang dikeluarkan akan mendapat energi sama besar seperti yang sudah kita keluarkan.

Ketiga, kasih ibu sepanjang masa. 
Di scene akhir akan ada cerita Norma rela mengorbankan dirinya untuk Walter anak mereka. Dan itu sama seperti kisah nyata disekeliling kita. 
Ibu menyayangi kita lebih dari kita bisa menyayangi ibu kita. 

That's it menurut gue beberapa nilai dan pesan yang bisa didapatkan dari film The Box ini.
Walaupun menurut IMDB ratingnya jelek 5,6/10 tapi menurut gue bagus kok untuk merefleksikan hidup yang banyak pilihan ini

Komentar

Postingan Populer